Free Download Software Full Version

ads

Responsive Advertisement
LATEST UPDATES

Monday, June 23, 2014

Tips Cara Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi

Apabila Anda sering melakukan perjalanan keluar kota, baik untuk tugas kerja maupun untuk berlibur, sehingga harus meninggalkan mobil Anda di garasi, mungkin hanya untuk beberapa hari, tapi mungkin juga hingga beberapa minggu, bahkan bulan. Agar kendaraan kesayangan Anda itu tetap dalam kondisi yang baik selama ditinggal pergi, Anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

1. Rem Tangan
 Sebelum meninggalkan mobil, pastikan posisi rem tangan dalam keadaan bebas. Karena, jika rem tangan ditinggalkan terlalu lama dalam posisi ‘masuk’, itu dapat menyebabkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, terutama yang menggunakan sistem tromol pada roda belakang. Sedangkan jika kondisi rem tangan tersebut memang sudah ‘macet’, bersihkan terlebih dulu agar dapat berfungsi kembali dengan normal.

2. Wiper

Agar karet wiper mobil tidak menempel dengan kaca mobil, sebaiknya diganjal dengan sepotong busa atau kayu. Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, karet wiper secara perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Ini tidak hanya dapat merusak permukaan kaca mobil, tapi juga dapat mengakibatkan karet menjadi kasar saat digunakan. Cara lain, dengan menyemprotkan bahan silicone ke bagian karet wiper agar tidak menjadi getas atau robek saat ditinggal untuk waktu yang lama.
3. Suspensi






Untuk memastikan bahwa kondisi suspensi mobil tetap tejaga dan tidak dibebani oleh beratnya kendaraan, sebaiknya letakkan mobil di atas jack stand. Maka, saat Anda ingin menggunakan mobil kembali, suspensinya tetap nyaman. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran di sekitar karet–karet suspensi. Pastikan mobil diletakkan dalam kondisi yang kokoh dan aman, agar tidak membahayakan area di sekitarnya –termasuk mobil Anda.

4. Aki





Jika Anda tidak akan menggunakan mobil lebih dari 2 minggu, sebaiknya akinya dilepas untuk menghindarinya kerusakan. Atau, gunakan portable charger yang dihubungkan ke aki tanpa harus melepas kabel aki. Dengan alat tersebut, aki akan selalu dalam keadaan optimal.





Penulis : Koler Saputra

Mohon Komentar di form dibawah ini, karena komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog saya
Jika ada Pertanyaan atau kritik dan saran : dapat dikirim ke E-mail/Fb : alex_jombang@yahoo.com or sms ke : 085785792969

1 comment :

Berani Baca Post, Harus berani juga untuk komentar
Budayakan berkomentar, dan jadikanlah Blogger Indonesia Sebagai contoh blogger yang baik :)

 

Top